Kursus dan Pelatihan Ahli Kepabeanan

Kursus dan Pelatihan Ahli Kepabeanan

Diklat Ahli Kepabeanan. Ahli Kepabeanan adalah orang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang kepabeanan, dan  memiliki Sertifikat Ahli Kepabeanan yang dikeluarkan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) – Kementerian Keuangan.

Saat ini pegawai yang mempunyai sertifikat Ahli Kepabeanan tidak hanya diperlukan oleh Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK), namun juga oleh perusahan yang bergerak di bidang impor dan ekspor.

  • Ada yang menugaskan pegawainya untuk mengikuti kursus dan pelatihan untuk mendapatkan sertifikat Ahli Kepabeanan.
  • Ada juga yang merekrut pegawai baru dengan persyaratan memiliki sertifikat Ahli kepabeanan.

Undang-Undang Kepabeanan
Pasal 29 ayat (1) : Pengurusan pemberitahuan pabean yang diwajibkan undang-undang ini dilakukan oleh pengangkut, importir, atau eksportir.
Pasal 29 ayat (2) : Dalam hal pengurusan pemberitahuan pabean sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dilakukan sendiri, importir atau eksportir menguasakannya kepada pengusaha pengurusan jasa kepabeanan.

Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan sertifikat Ahli Kepabeanan ?

Berikut ini, beberapa hal yang perlu diketahui terkait Sertifikat Ahli Kepabeanan

Penyelenggaraan Ujian Sertifikasi Ahli Kepabeanan

Proses Sertifikasi Ahli Kepabeanan yang dilakukan oleh Tim Penguji Ahli Kepabeanan (TPAK) dimulai dari pelaksanaan pendaftaran ujian sampai dengan penyerahan Sertifikat Ahli Kepabeanan. Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan :
a. e-registrasi melalui situs www.bppk.kemenkeu.go.id (saat ini belum diberlakukan); atau
b. melalui pengiriman via pos/jasa pengiriman lainnya; atau
c. dengan mendaftar langsung ke lokasi pendaftaran ujian.
Penyelenggaraan ujian selama satu tahun anggaran dilakukan dalam 3 (tiga) periode ujian, yaitu pada bulan Februari, Juni, dan Oktober.
Ujian diselenggarakan bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bea dan Cukai, untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BDK) di lingkungan BPPK untuk wilayah di luar Jakarta, atau dengan mempertimbangkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan, ujian juga dapat dilaksanakan di lokasi lain yang ditentukan oleh Ketua Tim Penguji.

Persyaratan Peserta Ujian Sertifikasi Ahli Kepabeanan

Untuk dapat ditetapkan menjadi Ahli Kepabeanan, Calon Ahli Kepabeanan harus mengikuti ujian dan lulus ujian. Untuk dapat mengikuti ujian, Calon Ahli Kepabeanan harus melakukan pendaftaran dengan persyaratan :
a. Berumur paling kurang 18 (delapan belas) tahun pada saat mendaftar.
b. Berijazah minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.
c. Memenuhi kelengkapan berkas administrasi sebagai berikut :

  • Mengisi formulir pendaftaran;
  • Menyerahkan fotokopi identitas diri (Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Surat Izin Mengemudi (SIM)/KITAS);
  • Menyerahkan fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (SITB) terakhir yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang;
  • Untuk calon pendaftar yang memperoleh Ijazah/STTB yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia maka harus melampirkan bukti penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah atau Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi;

Materi ujian tertulis Ahli Kepabeanan, meliputi :

  1. Ujian tertulis berbetuk uraian / hitungan untuk materi Tehnik Klasifikasi Barang dan Nilai Pabean meliputi : a. Teknik Klasifikasi Barang Berdasarkan Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI)
    b. Perhitungan Penerimaan Negara Berdasarkan Undang-Undang Kepabeanan
    Waktu pengerjaan 75 menit
  2. Ujian Tertulis Berbentuk Pilihan Berganda Untuk Materi Teknik Kepabeanan, meliputi :
    a. Undang–Undang Kepabeanan
    b. Sistem dan Prosedur Kepabeanan di Bidang Impor dan Ekspor
    c. Fasilitas Kepabeanan
    d. Sistem Nilai Pabean
    e. Sistem Klasifikasi Barang
    f. Prosedur Pembayaran, Penagihan, pengembalian, dan Jaminan dalam Kepabeanan
    g. Keberatan dan Banding dalam Kepabeanan
    h. Peraturan Larangan dan Pembatasan Barang Ekspor Impor
    i. Pengetahuan Pertukaran Data Elektronik (PDE) Kepabeanan
    Waktu pengerjaan 75 menit

Kursus Ahli Kepabeanan – Diklat Ahli Kepabeanan – Pelatihan Ahli Kepabeanan

Tips Sukses Ujian Sertifikasi Ahli Kepabeanan

Materi dan peraturan tentang Kepabeanan dapat dipelajari secara mandiri, karena sudah banyak tersedia di internet. Namun, jika Anda belajar secara mandiri, bisa jadi akan menghadapi beberapa kendala, terkait pemahaman materi dan update peraturan terbaru.

Disarankan untuk mengikuti diklat, kursus ataupun pelatihan Ahli Kepabeanan, yang diselenggarakan beberapa lembaga, yang bekerjasama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Di mana tempat belajar yang terbaik ?

Anda dapat searching di internet, untuk melihat profile maupun testimoni tentang penyelenggara diklat, kursus ataupun pelatihan ahli kepabenan. Atau bisa juga meminta referensi dari teman atau kenalan Anda yang telah mendapatkan sertifikat ahli kepabeanan.
Keuntungan jika mengikuti kursus, pelatihan ataupun diklat adalah :
-. Tidak perlu repot melakukan sendiri, pendaftaran untuk mengikuti ujian ahli kepabeanan
-. Mendapatkan materi terkait Kepabeanan yang terupdate
-. Bisa membangun relasi baru
-. Dapat bertanya dan berkonsultasi langsung dengan ahlinya (para pengajar)
-. Ada latihan mengerjakan soal-soal ujian

Sertifikat Ahli Kepabeanan Sudah dapat … whats next …

Ada 2 tipe peserta ujian ahli kepabeanan, yaitu :

  1. Penugasan dari perusahaan
    Bagi Anda yang mengikuti ujian ahli kepabeanan karena penugasan perusahaan, tentunya akan kembali ke perusahaan tempat Anda bekerja. Dengan mempunyai sertifikasi ahli kepabeanan maka proses kegiatan impor dan ekspor perusahaan Anda akan semakin lancar, dan terhindar dari kesalahan atas pemenuhan kewajiban pabean.
  2. Inisiatif Pribadi
    Ada nilai lebih bagi Anda yang mempunyai sertifikat Ahli Kepabeanan. Selain PPJK yang pastinya memerlukan ahli kepabeanan yang bersertifikat, saat ini perusahaan yang bergerak di bidang impor dan ekspor sudah mulai membuka lowongan pekerjaan dengan spesifikasi ahli kepabeanan.

Bagaimana dengan Standar gaji Ahli Kepabeanan ?

Tidak ada standar pasti tentang gaji ahli Kepabeanan, tergantung posisi jabatan juga. Namun beberapa perusahaan yang merekrut Ahli Kepabeanan ada yang menawarkan standar gaji yang cukup menarik, bisa ditemukan melalui pencarian di internet.

Hanya itukah manfaat Sertifikat Ahli Kepabeanan ?

Tidak juga, ada peluang lain yang mempunyai prospek yang menarik, yaitu menjadi Konsultan Kepabeanan atau Konsultan Bea Cukai. Sengaja di bold.
Konsultan Kepabeanan berbeda dengan PPJK. Konsultan kepabeanan memberikan bimbingan dan konsultasi semua hal terkait kepabeanan. Profesi konsultan kepabeanan semakin berkembang seiring banyaknya perusahaan yang menggunakan jasa konsultan kepabeanan dalam kegiatan impor ekspornya. Namun,
sampai saat ini belum ada aturan khusus tentang konsultan kepabeanan. Jasa Konsultan Kepabeanan dapat dilakukan secara perorangan maupun melalui badan hukum.

Bagi Anda yang sedang berjuang mendapatkan sertifikat Ahli Kepabeanan, semoga lancar dan diberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian Ahli Kepabeanan.
Bagi Anda yang sudah memiliki sertifikat Ahli Kepabeanan, semoga diberi kemudahan dan kesuksesan dalam berkarir dan berbisnis.
Amin ….

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares