Konsultan Kepabeanan dan Cukai

Konsultan Kepabeanan dan Cukai

Konsultan Kepabeanan dan Cukai

Konsultan Kepabeanan dan Cukai merupakan profesi khusus bagi seseorang yang memberikan jasa konsultasi dan bimbingan tentang Kepabeanan dan Cukai. Profesi ini banyak dilakukan oleh pihak perseorangan maupun pihak badan hukum. Namun, Undang-Undang Kepabeanan maupun Undang-Undang Cukai, tidak kenal istilah konsultan kepabeanan maupun cukai.

Pihak yang bertindak sebagai mewakili importir maupun eksportir, dalam Undang-Undang Kepabeanan dikenal dengan sebutan Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK).

Pada umumnya profesi konsultan kepabeanan dan cukai, banyak dikenal ketika :
1. Melakukan pendampingan pada saat audit, ataupun
2. Pada proses pengajuan keberatan maupun banding atas penetapan pejabat bea cukai.

Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK)

Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan, yang biasa disingkat PPJK adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pengurusan pemenuhan kewajiban pabean untuk dan atas kuasa Importir atau Eksportir.

Undang-Undang Kepabeanan mengatur tentang PPJK sebagai berikut :
Pasal 29 ayat (1)
Pengurusan pemberitahuan pabean yang diwajibkan undang-undang ini dilakukan oleh pengangkut, importir, atau eksportir.
Pasal 29 ayat (2)
Dalam hal pengurusan pemberitahuan pabean sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dilakukan sendiri, importir atau eksportir menguasakannya kepada pengusaha pengurusan jasa kepabeanan.

Selanjutnya dalam Penjelasan Pasal 29 Ayat (2), menyatkan :
Pada dasarnya undang-undang ini menganut prinsip bahwa semua pemilik barang dapat menyelesaikan kewajiban pabean. Mengingat tidak semua pemilik barang mengetahui atau menguasai ketentuan tata laksana kepabeanan atau karena suatu hal tidak dapat menyelesaikan sendiri kewajiban pabean, ayat ini memberi kemungkinan pemberian kuasa penyelesaian kewajiban pabean kepada pengusaha pengurusan jasa kepabeanan yang terdaftar di Kantor Pabean. Pengusaha semacam ini sebelumnya telah ada dan di dalam praktik sehari-hari dikenal dengan nama Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), Ekspedisi Muatan Kapal Udara atau Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMKU/EMPU), atau pengusaha Jasa Transportasi.

Berdasarkan keterangan yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa tugas PPJK antara lain :
a. Membuat dan /atau mengajukan dokumen pemberitahuan pabean ke kantor pabean
b. Mengeluarkan barang impor dari pelabuhan sampai ke tempat yang ditentukan atau importir
Jasa yang diberikan PPJK sering juga disebut dengan customs clearance.

Konsultan Kepabeanan

Profesi konsultan kepabeanan tidak sama dengan PPJK, meskipun terdapat beberapa kesamaan dalam jasa yang diberikannya, misalnya penetapan klasifikasi tarif bea masuk.
Konsultan kepabeanan dapat memberikan jasa konsultasi terhadap semua permasalahan terkait kepabeanan bagi perusahaan yang terlibat dalam kegiatan impor dan ekspor.
Sedangkan PPJK hanya memberikan jasa untuk proses pemenuhan kewajiban pabean sampai dengan pengeluaran barang dari pelabuhan. Namun ada juga konsultan kepabeanan yang juga mempunyai bidang usaha PPJK. Demikian juga sebaliknya PPJK yang mempunyai unit usaha sebagai konsultan kepabeanan.

Terdapat banyak alasan mengapa perusahaan yang bergerak di bidang impor dan ekspor memerlukan konsultan kepabeanan, antara lain :

  • Tidak memiliki sumber daya manusia yang memahami tentang Kepabeanan
  • mengalami kendala dalam memenuhi ketentuan kepabeanan impor seperti, pemenuhan ketentuan larangan pembatasan, penetapan klasifikasi tarif bea masuk, dll
  • memutuskan untuk patuh terhadap ketentuan di bidang kepabeanan, tetapi kurang memahami peraturan kepabeanan dan peraturan lain yang terkait
  • pengajuan untuk mendapatkan perijinan terkait impor maupun ekspor
  • Perusahaan ingin mendapatkan fasilitas kepabeanan, seperti Tempat Penimbunan Berikat, mendapatkan sertifikasi Authorized Economic Operator (AEO) dll

Manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dengan adanya konsultan kepabeanan antara lain :
a. Meningkatkan tingkat kepatuhan terhadap peraturan kepabeanan
b. Meminimalkan kesalahan dalam pemenuhan kewajiban pabean
c. Mendukung kelancaran arus barang baik impor maupun ekspor
d. Membantu pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kepabeanan
e. Memberikan pendampingan dalam hal pengajuan keberatan banding dan audit

Layanan Jasa Konsultan Kepabeanan

Perkembangan perdagangan global dan meningkatnya kegiatan impor maupun ekspor, menjadikan profesi konsultan kepabeanan menjadi bisnis yang menjanjikan. Berikut ini beberapa jasa konsultasi dan asistensi yang bisa diberikan oleh konsultan kepabeanan, yaitu :

  1. Sistem dan Prosedur terkait Kepabeanan
    Membantu perusahaan untuk mengembangkan dan meningkatkan sistem dan prosedur perusahaan terkait kegiatan kepabeanan dalam rangka untuk memenuhi persyaratan peraturan bea cukai. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai. Tujuannya adalah meningkatkan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan di bidang kepabeanan dan cukai, dan peraturan lain yang terkait
  2. Penetapan Klasifikasi Barang Impor Ekspor
    Membantu perusahan untuk melakukan penelitian atas ketepatan dari klasifikasi barang impor, dalam hal perusahaan sudah mempunyai penetapan klasifikasi barang yang diimpor. Membantu menetapkan klasifikasi tarif Bea Masuk baran impor, dalam hal perusahaan belum atau tidak dapat menentukan klasifikasi yang tepat.
  3. Memberikan pendampingan masalah hukum dengan DJBC
    Melakukan pendampingan atau asisten terhadap upaya hukum atas penetapan pejabat bea cukai seperti : pengajuan keberatan , banding , maupun proses Peninjauan Kembali di Mahkamah Agung RI.
  4. Pengurusan Perijinan maupun fasilitas Kepabeanan Cukai
    Melakukan asistensi maupun pendampingan perijinan dan fasilitas terkait kepabaenan cukai, misalnya : pengajuan sertifikasi AEO, Perijinan Kawasan Berikat, Registrasi dll.
  5. Jasa Pendampingan Audit Kepabenan dan Cukai
    Melakukan pendampingan selama proses audit Bea dan Cukai, mulai dari penugasan lapangan sampai pembahasan akhir. Memberikan pendampingan dan asistensi dalam memberikan tanggapan terkait temuan tim audit.

Semoga bermanfaat.
BACA JUGA : Dokumen Pemberitahuan Pabean

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares